NISN akan digunakan hingga Perguruan Tinggi

Hari ini, 3 Maret 2010, bertempat di Pusat Pendidikan dan Pelatihan (Pusdiklat) Kementerian Pendidikan Nasional, Sawangan; Menteri Pendidikan Nasional, bapak Muhammad Nuh menyampaikan sebuah statemen yang sangat membahagiakan, yaitu meminta kepada rektor-rektor Perguruan Tinggi agar dapat menggunakan Nomor Induk Siswa Nasional (NISN) sejajar dengan NIM yang saat ini sudah ada.

Hal ini bertujuan agar data peserta didik dapat terlacak hingga sampai Perguruan Tinggi.

Statemen ini seperti air yang sejuk di tengah dahaga NISN sejak “tidak bertuan” dan “tidak diperhatikan” mulai tahun 2008.

NISN adalah bagian dari program Data Pokok Pendidikan (Dapodik) yang dirintis sejak tahun 2006 oleh Biro Perencanaan dan Kerjasama Luar Negeri (PKLN), serta sempat mengalami pasang surut di dalam pengelolaannya.

Masih lekat di ingatan saya sewaktu berdiskusi pada awal tahun 2006 mengenai program NISN. Amat banyak suara-suara “sumbang” dan miring yang beranggapan bahwa program ini hanyalah sekedar program mimpi. Bagaimana mungkin mendata ulang seluruh siswa di Indonesia ? Juga apa mungkin membangun sebuah database raksasa yang melingkupi puluhan juta siswa ?








Belum lagi masalah berikutnya, yaitu siapa yang akan menginput data segitu banyaknya, dan bagaimana validasi dari data tersebut dilaksanakan.

Namun, setelah 4 tahun berjalan, termasuk 2 tahun terakhir tanpa dukungan dana, hari ini Menteri Pendidikan Nasional mengakui program ini dan akan lebih meningkatkan sampai ke perguruan tinggi.

Selamat saya ucapkan kepada pencetus program Dapodik, yaitu Bapak Gatot Hari Priowirjanto, juga kepada tim pengembang aplikasi Dapodik yang sudah bekerja keras, dan tidak lupa kepada teman-teman di Biro PKLN yang masih setia mengawal dan yang terpenting lagi adalah operator Dapodik di seluruh Indonesia yang masih tetap berjibaku dengan data, mutasi, dan permintaan lainnya.
Semoga ini tidak hanya sampai ke kalimat saja, tapi dibuktikan dengan dasar hukum dan petunjuk pelaksanaan, sehingga dapat dikembangkan sampai kepada program BOS, Rehab Gedung, dan program lainnya

Comments :

0 komentar to “NISN akan digunakan hingga Perguruan Tinggi”

Posting Komentar

 
PADATIWEB BNSP NPSN NISN Kementerian Pendidikan Nasional

Bermanfaatkah Masa Orientasi Siswa bagi siswa baru?

Ada kesalahan di dalam gadget ini