Lomba Kompetisi SMK Digelar di PRJ

Kementerian Pendidikan Nasional menggelar Lomba Kompetensi Siswa Sekolah Menengah Kejuruan (LKS-SMK) Tingkat Nasional XVIII pada 13-16 Mei di Arena PRJ Jakarta sebagai bagian dari promosi dan pencitraan kompetensi lulusan SMK.

"LKS SMK tahunan itu juga menjadi ajang seleksi terhadap peserta untuk mengikuti lomba kompetensi tingkat dunia. Ajang lomba itu dilaksanakan dalam skala yang sesungguhnya, bukan skala laboratorium," ujar Direktur Pembinaan SMK Ditjen Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah Kemendiknas, Joko Sutrisno, di Arena Pekan Raya Jakarta (PRJ), Kamis (13/5/2010).

Ia menambahkan, LKS SMK juga menjadi seleksi nasional untuk para pemenang yang akan dikirim mengikuti lomba kompetensi tingkat internasional.

LKS juga akan dirangkaikan dengan pameran hasil produk SMK bekerja sama dengan kalangan industri. Pada ajang ini, kalangan industri bisa melakukan rekrutmen terhadap siswa SMK yang ikut lomba.

"Sejak beberapa tahun terakhir mengirim para juara lomba kompetensi siswa Sekolah Menengah Kejuruan (LKS-SMK) di berbagai bidang ke ajang kompetisi internasional agar semakin dikenal di kalangan dunia kerja di luar negeri," katanya.

Tiap tahun siswa juara LKS SMK dilatih selama beberapa bulan oleh tim khusus untuk dipersiapkan mengikuti kompetisi tingkat Asia dan dunia. hasilnya memang siswa Indonesia tidak mengecewakan karena sudah beberapa kali mendapat juara, katanya.

Karena itu, kata Joko, materi-materi LKS SMK dalam beberapa tahun terakhir ini diarahkan untuk mempersiapkan mereka berlomba di ajang internasional. Sedikitnya, dari 50 mata lomba dalam LKS ini, 30 mata lomba bertaraf internasional.

Menurut Joko, sudah waktunya lulusan SMK tidak hanya diperuntukan mengisi lowongan pekerjaan yang ada di industri dalam negeri, tapi juga menciptakan lapangan pekerjaan sebagai wirausahawan. Bahkan mereka harus "laku" di dunia internasional.

Lomba diikuti 1.700 peserta, 1.500 pendamping, 20 juri, dan 10 anggota panitia, sehingga jumlah semuanya mencapai 3.500 orang dari 33 provinsi di Indonesia, dan akan menggelar 50 bidang lomba.(Berita8)

Comments :

0 komentar to “Lomba Kompetisi SMK Digelar di PRJ”

Posting Komentar

 
PADATIWEB BNSP NPSN NISN Kementerian Pendidikan Nasional

Bermanfaatkah Masa Orientasi Siswa bagi siswa baru?