Kemdiknas Danai 350 Proposal Penelitian Mahasiswa


Jakarta --- Kementerian Pendidikan Nasional (Kemendiknas) kembali menggelar Pekan Ilmiah Mahasiswa Nasional (PIMNAS). Tahun ini, 113 perguruan tinggi akan ikut serta. PIMNAS akan berlangsung tanggal 20-24 Juli 2010 di Universitas Mahasaraswati Denpasar, Bali.

Direktur Jenderal Pendidikan Tinggi Kementerian Pendidikan Nasional Djoko Santoso,mengemukakan, PIMNAS ke-23 ini diikuti 350 tim Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) hasil penelitian yang lolos seleksi.

"PIMNAS adalah ajang puncak kreativitas mahasiswa Indonesia guna meningkatkan kemampuan mahasiswa sebagai calon intelektual yang profesional," kata Djoko Santoso didampingi Direktur Penelitian dan Pengabdian Masyarakat Dikti Kemendiknas, Suryo Hapsoro di kantor Kemendiknas, Jakarta, Rabu (14/7).

Menurut Djoko, dari tahun ke tahun kreativitas penelitian mahasiswa meningkat pesat, tahun lalu di ikuti 12.900 peserta. Tahun ini 21.300 proposal yang masuk. Melalui berbagai tahapan seleksi yang dibantu tim ahli akhirnya terpilih 350 proposal penelitian yang turut dibiayai Ditjen Dikti Kemendiknas, dengan dana sekitar Rp 4 miliar.

Tema PIMNAS kali ini adalah "Mengembangkan Kreativitas Untuk Membangun Kemandirian Bangsa." Tujuannya adalah meningkatkan kreativitas dan kepekaan mahasiswa terhadap pengembangan IPTEK, dan seni serta membudayakan iklim kompetitif yang obyektif di lingkungan perguruan tinggi.

Adapun Rektor Universitas, Mahasaraswati Denpasar, Bali, Tjok Sri Ramaswati menyatakan kesiapannya sebagai tuan rumah. "Setelah pembukaan kami akan menampilkan sebuah tarian kolosal terdiri dari anak TK sampai mahasiswa," ujarnya. Jumlah penari mencapai 1.650 orang. Tari Pendhet kolosal ini bakal masuk Museum Rekor Indonesia.

Dia juga menjelaskan, bagi para tim peserta PIMNAS terbaik akan diberikan penghargaan, sebagai berikut: terbaik dalam Presentasi PKM PIMNAS untuk setiap kelas, Terbaik I mendapatkan hadiah sebesar Rp2.000.000, Terbaik II Rp1.500.000, dan Terbaik III Rp1.000.000. Sedangkan terbaik kategori poster PIMNAS, untuk setiap kelas, Terbaik I mendapatkan hadiah Rp1.250.000, Terbaik II Rp1.000.000, dan Terbaik III Rp750.000. (nasrul)

Comments :

0 komentar to “Kemdiknas Danai 350 Proposal Penelitian Mahasiswa”

Posting Komentar

 
PADATIWEB BNSP NPSN NISN Kementerian Pendidikan Nasional

Bermanfaatkah Masa Orientasi Siswa bagi siswa baru?