Dirjen PNFI Usulkan Lomba Cipta Lagu Anak


Jakarta - Direktur Jenderal Pendidikan Non Formal dan Informal Hamid Muhammad berpesan agar dalam peringatan Hari Anak Nasional tahun depan diadakan lomba yang lebih kreatif dan produktif. "Misalkan lomba membuat animasi anak-anak. Di lingkungan kita kan banyak cerita-cerita rakyat yang itu mengajarkan tentang pendidikan watak, masalah kejujuran, masalah disiplin kemudian contoh yang baik," ucapnya ketika memberikan penghargaan kepada pemenang lomba kreativitas dan kreasi seni dalam rangka memperingati Hari Anak Nasional 2010, pada Rabu, (21/07) di gedung E lantai 3, kantor Kemdiknas.

Menurut dia, jika lomba animasi belum memungkinkan, paling tidak lomba mengarang cerita rakyat. "Yang bagus kita berikan penghargaan, dikasih hak cipta/copyright dan itu kita terbitkan atau kita beli hak ciptanya terus kita masukkan di website kita, dan itu boleh diproduksi siapa pun untuk kepentingan PAUD (pendidikan anak usia dini)," tuturnya.

Hamid juga menyarankan adanya lomba mencipta lagu anak-anak. "Memang banyak penyanyi cilik tapi nyanyiannya orang dewasa. Kenapa kita tidak bisa melombakan ini, dan saya yakin akan muncul lagu-lagu yang bagus dan itu bisa kita perkenalkan kepada anak-anak," ucapnya.

Pada kesempatan itu, Direktorat Jenderal Pendidikan Non Formal dan Informal memberi penghargaan kepada pemenang lomba kreativitas dan kreasi seni, yang telah dilakukan di lingkungan Kemdiknas. Penghargaan ini diserahkan langsung oleh Hamid Muhammad dengan didampingi Direktur Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), Sujarwo Singo Direjo.

Ada 46 pemenang dari tiga kelompok yang dilombakan. Pemenang terbagi atas kelompok lomba jurnalistik. Di kelompok ini, terbaik I diraih Mustopa dari Harian terbit Jakarta Timur, terbaik II Gusnaldi dari Harian Singgalang Padang, terbaik III James Pandopotan Pardede dari Harian Analisa Medan. Lalu, Harapan I Wahyu Kuncoro dari Harian Birawa Surabaya, Harapan II Harjoni Desky dari Harian Aceh Lhokseumawe, Harapan III Erna Yuliawati dari Kabupaten Serang.

Untuk Kelompok Lomba Lembaga PAUD Berprestasi tingkat nasional yaitu kategori Taman Penitipan Anak (TPA), terbaik I diraih oleh TPA Griya Nanda DWP UIN Sunan Kalijaga DI Yogyakarta, terbaik II TPA Ananda Mandiri Kabupaten Tegal, terbaik III diraih TPA Al-Firdaus Kota Bekasi. Lalu, dan Harapan I diraih TPA Rumah Kita Kota Bogor, Harapan II TPA Addiroyah Kabupaten Bandung, Harapan III TPA Al-Ishlah Kota Gorontalo.

Kategori Kelompok Bermain (KB), terbaik I diraih KB Avicenna Kabupaten Tangerang, terbaik II KB Taman Pendidikan Prasekolah Al-Firdaus Kota Surakarta, terbaik III KB Aisyiyah 38 Kabupaten Lamongan, Harapan I KB Uswah Hasanah Perwira Kabupaten Lebak, Harapan II KB Prima Sakinah Kota Bekasi, Harapan III KB Bungan Bangsa Kota Semarang.

Kategori Pos PAUD, terbaik I Pos PAUD Tunas Melati Kota Yogyakarta, terbaik II Pos PAUD Intan Kota Jakarta Utara, terbaik III Pos PAUD Sedap Malam Kota Depok, dan harapan I diraih Pos PAUD Mutiara Kabupaten Karawang, harapan II Pos PAUD Aninda Kota Jakarta Timur, harapan III Pos PAUD Ngudi Rukun Kabupaten Gunung Kidul.

Sedangkan pada Kelompok Pemilihan Organisasi Mitra Berprestasi tingkat Nasional tahun 2010 yaitu kategori HIMPAUDI, terbaik I HIMPAUDI Kota Malang, terbaik II HIMPAUDI Kota Denpasar, dan terbaik III HIMPAUDI Kota Bogor. Kategori FORUM PAUDI, terbaik I FORUM PAUDI Kabupaten Sukabumi, terbaik II FORUM PAUDI Kota Yogyakarta, dan terbaik III FORUM PAUDI Kota Cirebon.

Kategori Muslimat NU, terbaik I Muslimat NU Kabupaten Ciamis, terbaik II Muslimat NU Kota Batu, dan terbaik III Muslimat NU Kabupaten Pekalongan. Kategori Aisiyah, terbaik I Aisiyah Banten, terbaik II Aisiyah Kabupaten Sukohardjo, dan terbaik III Aisiyah Jakarta Selatan.

Kategori Gabungan Organisasi Wanita (GOW), terbaik I GOW Kabupaten Kebumen, terbaik II Kabupaten Kendal, dan terbaik III GOW Kota Cimahi.

Selanjutnya, Kategori PKK, terbaik I TP. PKK Kota Yogyakarta, terbaik II TP. PKK Kota Padang Panjang, dan terbaik III TP. PKK Kabupaten Parigi Moutong. Kategori pemilihan tokoh masyarakat, terbaik I diraih Nur Cholimah, terbaik II Sumijarto, terbaik III Hj. Anna Anggraeni.

Sedangkan untuk kategori penghargaan jalan sesama rencananya akan diserahkan pada puncak peringatan Hari Anak Nasional yang dilaksanakan pada 23 Juli 2010 di Taman Mini Indonesia Indah (TMII). Penghargaan yang diberikan kepada pemenang yakni berupa uang tunai, trofi, dan piagam penghargaan. (nasrul)

Comments :

0 komentar to “Dirjen PNFI Usulkan Lomba Cipta Lagu Anak”

Posting Komentar

 
PADATIWEB BNSP NPSN NISN Kementerian Pendidikan Nasional

Bermanfaatkah Masa Orientasi Siswa bagi siswa baru?

Ada kesalahan di dalam gadget ini